Tipe Panik Orangtua

Gokill !!

Komentar ini muncul ketika saya menyempatkan diri datang ke Gramedia Matraman, kios buku gede ini tumplek-plek dipenuhi beragam tipe orang, tua-muda-pria-wanita yang punya tujuan macem-macem, mau ngabisin weekend dengan lifestyle yang bikin pinter (meskipun cuma mampir ngintip majalah dan tabloid yang bisa dibaca gratis, itupun klo udah dibuka plastik segelnya), mejeng di pelataran sambil cari-cari stationery, janjian ma temen buat beli buku sekolah atau emang ngincer buku-buku best seller yang menaikkan gengsi kayaknya klo belum baca ngga gaul banget gitu lho bisa juga nemenin anak yang pengen beli buku sekolah, fenomena ini yang tadi diawal saya bilang gokil (gila_red)

Kebetulan saya lagi hunting buku latihan em te ka-begitu saya menyebutnya- buat adik yang ada di kelas 5, di lantai paling atas ternyata banyak keluarga yang hilir mudik memilah dan memilih buku yang tepat untuk dibeli. Berikut komentar yang sengaja saya curi dengar dan dikutip untuk blog ini

Komen 1

Ibu:”sini, ada buku bagus”
Anak: “ga mau, ade mau yang itu aja, bu guru bilang sampulnya ijo”

Komen 2

“halo sayang, disini ada judul bla bla bla dari penerbit bla bl bla, kamu tanya dulu aja ama temen kamu dia pake bukunya yang mana, ntar baru mama beliin. Cepetan kabarin ya”

Komen 3

Papa:”jangan yang itu mah, ngga ada kunci jawabannya, mendingan buku ini soalnya sedikit tapi ada kuncinya, kan ngga ribet”

Mama:”ya udah gimana papa aja”

Anak:”hoh (ekspresi ngga tahu menahu)”

Komen 4

Ibu:”kemaren belajarnya udah sampe mana? kok ngga tahu sih? kamu ini di sekolah merhatiin pelajaran ato ngga?”

Anak:”beliin aja yang semester dua, ntar juga diajarin ama bu guru (ekspresi takut akan omelan)

Komen pribadi saya

Awalnya seneng karena ngeliat pergeseran kebiasaan orangtua yang kini lebih sering ngajak anak dateng ke toko buku untuk liburan daripada keliling mal-mal, tapi ikut kaget karena ngedenger beragam komen yang diluar dugaan. Pertama, kok bisa-bisanya si anak maksain kehendak beli buku berdasarkan doktrin sampul dari gurunya, padahal sang ibu mau beliin buku laen yang bagus. Kesimpulan saya, ini tipe ortu inisiatif yang masih mau mikirin ilmu apa yang akan didapat anaknya meskipun mungkin ngga mikirin gimana tu anak mo nyelesein PR klo bukunya beda dari panduan wajib sang guru. Kedua, tipe ortu cuek yang sebelumnya ngga koordinasi sama sang anak tentang buku yang diperluin, jadi begitu sampe di toko bingung mau beli yang mana. Ketiga, tipe ortu praktis atau ngga mau direpotin karena saya bisa ngebayangin mereka pulang kerumah kemudian berkata “nih, udah dibeliiin bukunya, kamu belajar aja sendiri, klo ngga sama berarti jawaban kamu salah, kalo bingung liat aja kuncinya” plus anak yang sama sekali pasif membiarkan keputusan belajar bagi dirinya adalah perintah bukan kebutuhan.Keempat, tipe ortu dominan yang senang sekali meneguhkan keberadaannya sebagai pihak yang memiliki kendali, mudah-mudahan tidak terpaksa mengantar si anak membeli keperluan pendidikannya, apakah dirumah tidak pernah ada kalimat “gimana disekolah hari ini, belajar apa aja nak?”. Tanpa mengurangi rasa hormat saya pada seluruh orangtua di jagat raya ini, saya menyayangkan sikap-sikap tadi, orangtua-guru-anak adalah pilar yang tak bisa dilepaskan dari keberhasilan pendidikan dari aspek manapun, mungkinkah ini menjadi tanda-tanda bahwa kita harus banyak belajar tentang bagaimana menyikapi pendidikan dengan lebih dari sekedar kewajiban melainkan kebutuhan, saya harap semua tadi cuma rasa panik karena khawatir dan sayang pada anak, bisa jadi kan ??

2 thoughts on “Tipe Panik Orangtua

  1. ega says:

    waaaaaaaaaaa
    ghinaaa
    keknya gw tipe yg terakhir..
    suka memojokkan!!!
    wakkakaka

    mg2 jd orang tua yg baik, yg bs memegang amanahnya dalam mendidik insan titipanNya yaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s