Tak ada yang siap kehilangan..

27 Juli 2011

Tak seperti menatap dalam-dalam mentari yang tenggelam di ufuk Kuta Bali, atau menghitung jatuhnya dedaunan saat angin hujan melanda, kali ini aku merasakan kehilangan yang jauh berbeda. Saat dimana diamku bukan kontemplasi dan tulangku serasa dilolosi satu persatu.

Aku tak percaya akan kehilangan canda tawanya, obrolan seru dibalik ruap kopi dan pisang goreng favoritnya, bahkan kepulan kretek yang akan dikibasnya cepat-cepat ketika aku menoleh kearahnya. Jawaban dua kali mengiyakan pun kuanggap seolah tak nyata. Aku telah kehilangan papa. Ayah dari suamiku, Grandpa dari anakku, teman bicaraku. Innalillahi wainnailaihi rajiun.

Hampir sembilan jam ia menjalani operasi*, sebelum jantungnya pasrah dan berhenti. Ia telah berjuang, begitupun kami, keluarganya yang berjuang mengumpulkan keberanian menghadapi kenyataan bahwa yang dicintai telah pergi, berpulang pada Ilahi.

Tempo melambat, potongan-potongan memori berkelebat. Hari ini, seminggu setelah kepergiannya, kerinduan yang bertumpuk mencuat, berlesakkan, menekanku kuat-kuat. Kehilangan ini mengajarkanku betapa Tuhan Maha Berhak, waktulah yang mesti kukaitkan erat, kabarkanlah cinta pada yang terdekat dan buat tiap detiknya bermanfaat.

Aku kembali menangisinya malam ini, ditengah doa yang meluap-luap.Aku mencoba kuat, menyesap aroma kenangan yang seolah melekat di dinding rumah.

Kini, berdansa dengan hidup rasanya tak mudah, tapi kutahu kami harus tetap melangkah

 

*Papa meninggalkan kami pada Kamis, 21 Juli 2011 dalam usia 58 tahun, pasca operasi tumor di RS. Carolus. Semoga Allah memberinya tempat terbaik. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s