How to be a “Supermom”

Does supermom really exist?

Pertanyaan itu memenuhi kepala saya ketika menemukan buku berjudul Practical Guide for Supermom : Positive & Do-able Tips for A Fulfiling Life . Judulnya yang provokatif sukses membuat saya penasaran dan langsung membelinya, setelah baca gratis sekilas tentunya πŸ˜›

Siapa yang pengen jadi supermom? *lirik sana-sini* *nunjuk idung**idung sendiri* πŸ˜€

at leastΒ saya ingin tahu supermom itu kayak apa?

Jadi, setelah cukup lama membacanya, baru sekarang saya memiliki kesempatan berbagi pengalaman tentang buku ini.

Informatif menjadi kata yang pas bagi saya, terdiri dari 5 bagian yang membahas secara khusus langkah-langkah menjadi seorang supermom. Buku ini menyajikan artikel secara runut, mulai dari proses menyadari bahwa menjadi seorang ibu adalah berkah luar biasa, cara untuk jadi ibu yang sehat, cara mengelola pikiran dan emosi agar seimbang, smart shopping, manajemen waktu hingga tips agar ibu tetap bisa mengaktualisasikan diri. Bahasa yang digunakan mudah dicerna, dan ada bonus resep sehatnya juga. Yang paling saya suka sih, opini dan pengalaman langsung dari para ibu di akhir tiap bagian, cukup dekat dengan keseharian.

Bicara soal supermom, berikut beberapa definisi yang dicantumkan dalam buku ini :

  • Supermom adalah ibu yang bersedia dan mampu menerima tantangan super didalam hidupnya, yaitu membesarkan anak, mengurus rumah tangga dan tidak lupa mengembangkan diri. Di zaman modern ini, aspek mengembangkan diri sering berkaitan dengan peran perempuan sebagai wanita yang bekerja. Meski memang tidak selalu harus di kantor.
  • Supermom adalah ibu yang belajar mengatur waktu, yang tanpa lelah melompat dari satu peran ke peran lainnya, jatuh-bangun saat berusaha memenuhi tanggung jawab, mencari jalan untuk menyeimbangkan urusan keluarga, pekerjaan dan diri sendiri pada saat yang bersamaan. Hasilnya bisa saja tidak sempurna, tetapi supermom tak pernah putus asa untuk mencoba lagi dan lagi.
  • Supermom adalah ibu yang tahu bahwa ia tidak bisa menyelesaikan semua tugas tanpa bantuan orang lain. Bukan seorang single-fighter yang berjalan sendirian, bisa menyelesakan masalah tanpa perlu bertanya kepada orang lain, dan menemukan semua solusi tanpa perlu melakukan kesalahan terlebih dahulu.
  • Supermom memahami kapasitas diri serta keterbatasannya.
  • Supermom adalah orang yang bersedia menerima segala tanggung jawab beserta konsekuensinya. Demi dirinya sendiri dan keluarganya.
  • Menjadi supermom bukan berarti menjadi orang yang paling sempurna, tetapi bagaimana ia menjalaninya dan menikmati setiap jengkal prosesnya.

Saya selalu mengagumi para ibu. Entah mereka yang menjadi ibu rumah tangga penuh dengan tinggal dirumah, ibu rumah tangga yang berbisnis dari rumah, ibu yang bekerja di luar rumah, single mom ataupun mereka yang mengasuh anak-anak dan dianggap jadi β€œibu”. Bagi saya, ngga ada yang lebih ribet dibanding yang lain, masing-masing punya tanggung jawab yang sama meski jenis tantangan yang dihadapi berbeda.

Alhamdulillah, saya sendiri diberi amanah menjadi seorang ibu saat usia saya mencapai 25 tahun. Sekarang, setelah lebih dari 2 tahun 3 bulan menjadi β€œbunda” dari Ayesha, saya makin mencintai hidup.

Am i a supermom? or still want to become a supermom?Β 

Well, for me it doesn’t matter anymore. Expectations of perfection at home and at work only makes me tired. It’s time to re-think priorities and use time management as an effective ways. Being a productive mom sounds more real for me, for your own good, for your kids than for your entire family.

One thing for sure, being a mom is more than a life-changing experience, it’s an amazing journey for me and a lifetime achievement. I feel trully blessed πŸ™‚

Data Buku

Judul Β  :Β Practical Guide for Supermom ; Positive & Do-able Tips for A Fulfiling Life
PenulisΒ Β  : Fannya G. Alamanda, Dwi Amelia
Penerbit : Infometro Mediatama
Cetakan : I, Oktober 2010
TebalΒ Β Β Β Β Β : 198 halaman

2 thoughts on “How to be a “Supermom”

    • @djghina says:

      akupun ngga sengaja beli Mak Inda, judulnya provokatif banget πŸ˜€
      tapi banyak manfaat yang didapat kok. Salam manis juga untuk Ken ya mak, terima kasih sudah mampir

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s