What Do We Need As Digital Moms

For moms, technology is a game changer | Punchbowl

Who is digital mom?

Who is the digital mom?

Ini memang era digital, serba cepat dan praktis. Kita terbiasa mendapat informasi sekejap mata, bangun tidur bisa langsung tahu berita apa yang sedang beredar hanya dari scroll down timeline Twitter, checking Facebook news feed atau browsing portal berita. Sebelum memulai hari, entah itu ngantor, ngurus bisnis atau beres-beres rumah kita bisa menyempatkan diri update status, mulai dari nampilin quote penyemangat, foto selfie atau ootd (Outfit Of The Day) hingga posting kondisi terbaru anak-anak. Selanjutnya, email, chat room, online shop, blogwalking, ngintip diskusi di forum atau hanya sekedar browsing resep menjadi aktivitas yang terbilang menyenangkan.

What about motherhood? change is surely coming. Anak-anak kita berpotensi terpapar teknologi sejak mereka masih dalam kandungan dan menjadi digital native. Masih ingat kan, saat kita hamil dan dengerin playlist favorit lewat pemutar musik digital, membacakan dongeng lewat tablet, mengajak si kecil bermain lewat aplikasi game yang kita unduh atau mengabadikan momen liburan melalui jepretan ponsel pintar.

Perilaku kita jelas berubah, mau ngga mau kita mesti jadi digital mom yang ngga gaptek. Karena tantangannya bukan sekedar pintar menggunakan bermacam perangkat digital canggih dan memanfaatkan internet (khususnya social media) untuk mendukung kehidupan kita, tapi juga bersikap bijak dalam penggunaannya. Jadi, apa saja yang kita butuhkan? mungkin beberapa hal dibawah ini bisa menjadi inspirasi 🙂

Fulfil Your Passion

Hobi menulis? ingin berbisnis? doyan travel atau tertarik membuat sesuatu yang kreatif? kini teknologi dan internet memudahkan proses menemukan atau mengembangkan passion kita. Inspirasi bertebaran dimana-mana, mau belajar bisa lihat tutorial via Youtube, mau lancar berbisnis bisa intip tipsnya via blog atau tanya ke para praktisi via Twitter, mau menerbitkan tulisan secara independen juga bisa. Mulailah mencari hal-hal apa saja yang paling kita nikmati dan manjakan diri dengan beragam informasi yang tersaji.

Mommies, be passionate, be great

Mommies, be passionate, be great

Expand Your Network

Keberadaan social media memudahkan kita berinteraksi dengan siapa saja, mulai dari keluarga, sahabat lama, rekan kerja hingga idola. Selain berinteraksi secara online, sesekali ikutan kopdar, event atau workshop untuk memperluas jaringan juga diperlukan. Wawasan bertambah, bisa kenal dengan teman baru atau ngobrol dengan para pembicara. Seperti yang saya lakukan Sabtu kemarin saat mengikuti Female Daily Blogger Workshop di ArtOtel Thamrin Jakarta.

Inspiring Speakers (ki-ka: Hanifa Ambadar, Marischka Prudence, Fifi Alvianto, Vira Indohoy)

Inspiring Speakers (ki-ka: Hanifa Ambadar, Marischka Prudence, Fifi Alvianto, Vira Indohoy)

Join The Community

Kenapa tidak mencoba bergabung dengan forum perempuan, forum mommies , forum hobi, community support, milis komunitas atau grup FB yang beragam jumlahnya itu. Kita bisa mengaktualisasikan diri, berbagi informasi dan belajar bersama-sama netizen yang lain. Mungkin bisa dimulai dengan menjadi silent reader kemudian aktif memberikan komentar atau opini hingga menerbitkan artikel sendiri. Saya merasakan sendiri manfaatnya yang luar biasa, bisa belajar dari pengalaman orang lain, membuat sesuatu yang baru, berkolaborasi atau mendapat dukungan karena sering “curhat” 🙂

Sama halnya dengan dunia nyata, kita juga perlu memahami etika dunia maya. Mulai dari terbuka menerima kritik ketika ada yang tidak sepakat dengan tulisan kita, tidak memaksakan kehendak ketika berbeda pandangan tentang suatu topik hingga mematuhi aturan yang berlaku di suatu komunitas.

Choose Your Supporting Tools

Is it always about smartphone? in my opinion, not really :). Keberadaan perangkat digital seperti PC dengan design clean hingga warna-warni atau tablet yang praktis dibawa kemana-mana juga menarik hati. Kapanpun dimanapun we always have the chance to look up information on-the-go.

Jadi pilih yang mana? Mengapa tidak mencoba melihat kebutuhan kita, tak hanya sekedar mengikuti tren atau ingin terlihat keren ketika menenteng perangkat digital tertentu. Sedikit demi sedikit kita harus mulai memahami apa yang kita butuhkan. Apakah sekedar instant messaging untuk memperlancar hubungan dengan customer karena mommies memiliki online shop tertentu, pemakaian data yang lebih besar karena selain email dan blogging, mommies juga aktif di forum-forum, atau membutuhkan perangkat digital yang selain tahan banting juga mudah dioperasikan dan harganya terjangkau ? kitalah yang menentukan

Stay Alert!

Kemudahan mengakses juga menjadi pisau bermata dua, disatu sisi kita akan mudah terkoneksi dan melengkapi informasi namun di sisi lain kita (tanpa sadar) bisa melanggar privasi.  Memahami do’s and dont’s berinteraksi di dunia maya juga jadi bagian penting. Ngga ingin kan tiba-tiba di unfriend karena keseringan ngetag foto barang jualan atau foto-foto jadul temen kita tanpa izin terlebih dahulu, dianggap nyinyir karena selalu berdebat di forum atau mancing kerusuhan via Twitter. On motherhood, pahami juga bahwa perangkat digital bukanlah “pengasuh” atau “pengganti” orangtua (ngingetin diri sendiri)

Technology can’t replace love

Memang tricky sih, sebagian ada yang cuek tuh check in di lokasi mana saja tanpa khawatir (termasuk lokasi tempat tinggal yang terekspos di Google Maps), posting foto-foto “kurang pantas” si kecil tanpa inget untuk mengubah privacy setting (siapa saja bebas melihat), hingga upload status yang menjelek-jelekkan kantor atau temennya padahal ia juga berteman dengan si bos atau orang yang diomonginnya itu.

Satu hal yang perlu kita ingat bahwa sekali kita mempublikasikan konten (teks, foto, video) via internet selamanya akan ada disana. Think before you post or publish!

Last but not least, don’t forget to have some fun! Go Mommies ^^

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s