First Time Visiting Singapore? Find 6 Things You Need to Prepare

Pertanyaan ini saya ajukan saat memiliki kesempatan solo traveling ke Singapura dalam rangka Community Manager Sertification pada pertengahan April lalu. Ada enam hal utama yang saya persiapkan sebelum bepergian, berikut daftarnya:

Where To Stay in Singapore

Source: parkroyalhotels.com

Kriterianya adalah: dekat dengan PARK ROYAL Hotel Pickering Road; tempat saya belajar dan ujian nantinya, dekat dengan stasiun MRT/terminal bus, memiliki banyak spot kuliner halal; since am a moslem traveler dan strategis menuju pusat belanja atau tempat menarik lainnya :D. Kalau mau lebih adventurous dan punya waktu lebih lama sih saya bakal nginep di hostel tapi kali ini saya memilih bermalam di tempat yang lebih private dan nyaman.

Secara lokasi, Chinatown memang jadi pilihan paling tepat karena letaknya bersebelahan dengan Pickering Road. Namun berbagai pertimbangan di awal membuat saya memutuskan untuk menginap di PARK ROYAL Hotel Beach Street yang ada di kawasan Bugis dan dekat dengan Kampung Arab.

Download Singapore Map-Traveling Directory App

street directory app street directory app2 street directory app3  street directory app5

Download Singapore Maps by Streetdirectory here!

Karena ini kunjungan pertama saya ke Singapura, sendirian pula, saya harus mempersiapkan diri dengan baik. Setelah membaca beberapa referensi saya hanya mendownload satu aplikasi Singapore Maps oleh StreetDirectory. Am lucky! this app really helps, a lot 🙂

Peta digitalnya akurat, sangat lengkap dan mudah dibaca (you know that women are attracted visually, right?). Mulai dari info stasiun MRT/terminal bus, artikel yang membahas tempat wisata menarik untuk dikunjungi, lokasi hotel dan tempat ibadah sampai info kuliner halal.

Aplikasi ini tergolong informatif karena kita bisa tahu kapan waktu kedatangan bus, jarak mencapai suatu tempat, sejarahnya sampai spot-spot menarik di sekitar yang bisa dijelajah lebih jauh. Kita seolah berbicara dengan seorang teman yang merekomendasikan banyak hal, seperti naik apa enaknya kalau jalan kesana? makan apa? melihat apa saja? dsb.

Transportation in Singapore

1

Yap, berhubung Singapura sangat terintegrasi saya tak perlu terlalu khawatir tersasar karena petunjuk jalan ada dimana-mana dan memudahkan turis baru macam saya. Petunjuk penggunaan moda transportasi menggunakan bahasa Inggris, Melayu, China dan India. Alternatif transportasi terdiri dari MRT (Mass Rapid Transportation) train, bus, taksi sampai mobil sewa. Saya menantang diri sendiri untuk berpetualang menggunakan MRT dan berjalan kaki. Inilah alasan mengapa saya memutuskan membeli Ez-link Card yang menyimpan sejumlah deposit agar tak repot bolak-balik membeli tiket kereta, bisa refund juga kok.

Prepare Documents

2

Imigrasi Singapura terkenal sangat ketat, selain mental tentunya saya mesti mempersiapkan dokumen perjalanan. Setelah memastikan expiry date di paspor, membawa KTP, bukti pemesanan hotel, kartu nama/ID karyawan dan tanda pengenal lainnya saya juga belajar (lagi) mengisi kartu imigrasi, maklum travel terakhir keluar negeri itu ke Thailand tahun 2011 :D. Selanjutnya, saya hanya perlu menyimpan dokumen sebaik-baiknya agar tidak hilang atau tercecer dimana-mana. Oh ya, ini basic sekali, pastikan data di paspor dan tanda pengenal yang kita bawa sama, istilah salah ketik tidak ada dalam kamus mereka. Ngga lucu kan gara-gara kesalahan secuil tapi fatal malah berujung dideportasi dan dilarang masuk Singapura selama 2 tahun.

Place to Visit in Singapore

4Karena waktu yang singkat dan transportasi utama nantinya adalah kereta, saya memilih mengunjungi tempat-tempat yang dekat dengan stasiun MRT Bugis-Chinatown. Mulai dari iconic landmark sampai pusat belanja. Sebelumnya memang sudah menyiapkan itinerary bahkan beli tiket di jalan-jajan Singapura agar menghemat waktu, maklum saya hanya punya waktu seharian untuk berkeliling. Find out my Amazing Race Stories at Singapore: Part I and Part II

Find The Perfect Outift

5

Berhubung cuaca disana cukup panas dan saya akan banyak berjalan, outfit berbahan nyaman tentu jadi pilihan. Yet am traveling in style now so colorful hijab with lite materials and pink sneakers will complete my look. Kan nanti mau selfie, mesti pakai warna cerah biar tambah OK difoto.

What about you? any other things on your list while doing solo traveling? share with me 🙂

3 thoughts on “First Time Visiting Singapore? Find 6 Things You Need to Prepare

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s