Dreams Do Come True [Casa Elana for IHB Blog Post Challenge]

“Beri kaki pada mimpi agar turun ke bumi dan berlari. Jangan biarkan diawang-awang kemudian terbang dan hilang” (Ainun Chomsun, Founder Akademi Berbagi)

Saya selalu menyukai perempuan-perempuan inspiratif. Salah satunya Mba Ai yang saya ajak ngobrol di kedai kopi bertahun-tahun lalu. Prinsip yang dipegangnya turut menyemangati saya, sebagai pribadi dan seorang ibu. Meyakinkan lagi bahwa kami bisa mewujudkan mimpi melalui langkah-langkah sederhana. Start with small steps.

Saya mulai dengan menuliskannya, ketika ditanya apa impianmu 5 tahun kedepan?

Do More Motherhood Projects

Love you to the moon and back

Juggling between motherhood and worklife ain’t easy, there’s ups and downs yet am grateful for it. Memiliki satu putri usia sekolah dan satu bayi menyusui tanpa asisten (hanya saya dibantu tim-suami dan mama mertua-yang hebat) adalah ladang amal luar biasa. Saya perlu manajemen waktu, energi dan nutrisi. Kami harus tumbuh dan belajar bersama, menikmati waktu-waktu berharga ini dengan sebaik-baiknya. Saya-yang selalu merasa newbie mom-harus berpikir kreatif bagaimana menyemangati diri sendiri sekaligus menyenangkan anak-anak saya, lahir dan batin *tepok jidat*

Inilah alasan mengapa saya mulai membuat kategori khusus Motherhood Project di blog, sebagai salah satu pengingat bahwa kencan bersama anak-anak itu penting bangeeeeet. Relationship matters, period. Meskipun melakukannya lebih mudah ketimbang mempostingnya saya ngga patah semangat. Saya juga mencoba mengabadikan momen #HappyParenting di Instagram sebagai penyemangat setelah menghabiskan waktu bersama anak-anak. Mulai dari jalan-jalan, piknik, memasak, merancang pesta ulang tahun, sampai menggambar bersama mereka. Selanjutnya, saya berencana mengajak mereka mengerjakan hal-hal yang dulu biasa saya lakukan bersama mama. Mungkin mengecat kamar saat lebaran tiba, membuat baju-baju boneka, mencoba resep bento baru, menulis atau membalas surat antar kami atau ngobrol sambil memandangi hujan. Family is my heaven on earth :’)

Rencana paling dekat adalah mencontreng wishlist upload foto outfit of the day sama anak-anak. Thanks to www.casaelana-shop.com yang mengeluarkan edisi breastfeeding dan mom & kidsnya, jadi punya referensi deh.

Satu hal yang pasti ada di agenda adalah menyekolahkan anak-anak saya di tempat yang sesuai. Ya lokasinya, metode pengajarannya, biayanya :D. Kalau untuk Kakak Ayesha, survey sekolah sudah dilakukan kemarin-kemarin. Sejauh ini, kami ingin mencoba home schooling, kumon dan art school untuk melengkapi aktivitasnya ketimbang memaksanya masuk SD. Ketika usianya cukup, saya dan suami berencana memasukannya ke salah satu sekolah Islam di Rawamangun. Sedangkan untuk Aleandra, sudah lebih terbayang mau diikutkan ke mana, mungkin ngga jauh dari jejak kakaknya.

Published My Own Books

coming soon! wish me luck

coming soon! wish me luck

As a person, I’ve tried to encourage myself to be a better person. Langkah paling efektif sejauh ini adalah menyalurkannya lewat aktivitas menulis. Saya bisa memvisualkan mimpi, mengeluarkan pikiran dan segenap hati. Menulis telah membantu saya tetap passionate dan menikmati hidup. Saya juga yakin, semangat ini bisa ditularkan jika saya mau berbagi dengan orang lain. Tidak heran jika “menerbitkan buku” selalu ada dalam daftar mimpi saya.

Jika awalnya malu-malu, pada akhirnya saya memberanikan diri untuk mengirimkan naskah ke penerbit. Tak disangka editor mereka tertarik pada beberapa outline tulisan saya dan meminta naskah lengkapnya. Saat ini saya sedang menulisi bab akhir novel dan karya non fiksi saya. Topiknya seputar drama keluarga, dunia digital dan tentu saja motherhoodThe deadline was this year, i need to be more focus on that.

Untuk menyenangkan hati, menjaring ide dan mencegah writers block, saya mencoba kembali mengupdate blog djghina.com, ikutan challenge  indonesian-hijabblogger.com, cek album pinterest dan menulis prosa. Untuk yang terakhir sudah masuk tahap finishing, saya bahkan telah merancang cover bukunya :D.

Do More Community Collaborations

My fellow community managers

My fellow community managers

Community has always been on my passion list. Saya memulainya dengan memproduseri acara radio bertajuk Lite Community, menyelenggarakan acara bersama beberapa komunitas digital sewaktu menjadi konsultan, mengelola konten untuk The Largest Indonesian Community, menggelar Community Festival bersama tim kesayangan hingga sekarang menangani forum solusi komunitas pertama di Indonesia. Passion is a great energy, it help you to focus on wake up everyday with a smile.

Alhamdulillah, satu wishlist terwujud. April kemarin saya dipercaya perusahaan untuk mengikuti Community Manager Sertification di Singapura. Ini memicu saya untuk mengembangkan diri dan mengaplikasikan ilmu lebih jauh lagi.

Once again, we need to share and give more impact to society. Saya berencana mewujudkan impian yang sempat tertunda, yakni menggelar beberapa Digital Moms Workshops. Perlu mengatur jadwal dan kembali mengundang Mba fifi Alvianto sebagai salah satu pembicaranya 🙂 

Send My Parents to Go Hajj

Ngga ada kebanggaan yang lebih besar bagi saya selain mewujudkan senyum di wajah mama-papa, salah satunya dengan membantu mewujudkan mimpi mereka untuk naik haji. Allahu Akbar, menulisi hal ini saja membuat saya merinding karena percaya bahwa niatan baik selalu menemukan jalan. April ini, Papa berkesempatan untuk umroh dan saya menitipkan doa agar kelak dimudahkan rezekinya.

Saya dan suami yakin, ketika impian ini terwujud segala sesuatunya akan lebih berkah untuk kami. Doa orang tua adalah segalanya dan kami harus memulainya. InshaAllah setoran di tabungan haji tahun ini dapat terpenuhi dan kami bisa segera mendaftarkan keberangkatan mereka.

Travel to Europe

Travel and explore more

Travel and explore more

Last but not least, meskipun saya senang backpacking atau solo traveling, jalan-jalan keliling Eropa bersama keluarga adalah agenda yang selalu saya impikan. Mengunjungi Disneyland Paris, melihat koleksi Museum Tintin di Brussel Belgia, menyesap udara sejuk Edensor, mendatangi kastil-kastil tua di Edinburgh, menyusuri kanal-kanal di Venice Italia, piknik di taman-taman kota atau tenggelam dalam kekaguman melihat perpustakaan besar di tiap Negara, mampir ke Camp Nou di Spanyol (yah ini sih, impian titipan suami yang notabene penggemar Club Barcelona :D)

That’s why, perencanaan finansial menjadi pondasi awal. Selain tabungan haji, saya dan suami juga telah menyisihkan sebagian rezeki untuk hal ini. Bergabung dengan coachsurfing, airbnb and crescrenting also help me to craft information to craft itinerary. Beli buku atau majalah trip plus blogwalking sana-sini juga membantu persiapan perjalanan kami ke Eropa. Mulai dari ngintip tips travel with kids, listing mosque and Islamic center, checking halal food that available for muslim traveler like us dan merencanakan jadwal serta agen perjalanan yang tepat. Yap, kalau masih berduaan sama suami sih tinggal backpacker-an aja ngga perlu pake agen :p

Jadi, daftar yang mesti dicicil (selain tabungan jalan-jalan) adalah bikin paspor buat mama mertua, adik ipar dan kedua putri say. Ah, semoga dengan mengikutkan tulisan ini dalam Casa Elana for IHB Blog Post Challenge menjadi awal terbukanya langkah-langkah kecil lainnya mewujudkan impian saya. Amiiiiiiiiin.

Indonesian Hijab Bloggers-April Challenge

Jadi, apa yang menjadi mimpimu 5 tahun mendatang? Sudah mulai menuliskannya kah? Langkah kecil apa saja yang telah dilakukan untuk mencapainya? Adakah timeplan yang membantumu melacak, sejauh apa kita telah berjalan? Are we happy? Are we on the right track?

don’t just dream, act on it! 🙂

4 thoughts on “Dreams Do Come True [Casa Elana for IHB Blog Post Challenge]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s