[Bandung Trip] Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

412

3

Menentukan tujuan wisata mana saja yang mau didatangi saat berkunjung ke Bandung bisa dibilang cukup spontan. Syaratnya hanya satu, menyenangkan bagi anak-anak. Maka, jadilah Minggu jam sepuluh pagi kami tiba di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani yang letaknya tak jauh dari Hotel Noor, tempat kami menginap. Ayesha yang memang selalu antusias melihat ruang terbuka hijau langsung berlarian menuju patung-patung mainan yang menyambut kami setelah memasuki gerbang. Untungnya suasana masih sepi, aman deh karena bisa leluasa mengawasi Kakak.

Lingkungan taman memang sengaja dibuat sedemikian rupa agar anak-anak bisa berjalan atau mengendarai sepeda melewati berbagai lintasan dengan rambu-rambu di kanan-kirinya. Kami berbelok ke arah kiri menuju tempat penyewaan sepeda mini dan memutuskan untuk mengambil satu seharga lima ribu rupiah. Oh ya, ada area flying fox juga disini, meski talinya tak sepanjang lintasan di Keong Mas-apalagi GWK Bali-lumayan lah untuk pemanasan :D.

Saya baru tahu bahwa lahan ini telah dibuka untuk umum sejak 57 tahun lalu (tepatnya 1 Maret 1958) dan tiga kali berganti nama, wow!. Awalnya Insulinde Park kemudian Taman Nusantara dan berganti nama kembali menjadi Taman Lalu-Lintas Ade Irma Suryani Nasution setelah peristiwa G30S/PKI. Dahulu, taman ini merupakan tempat latihan baris serdadu Belanda. Membangun Taman Lalu Lintas pertama di Indonesia ini pun tak mudah, dibutuhkan partisipasi berbagai lapisan masyarakat untuk mendanai proses pembuatannya. Badan Keamanan Lalu Lintas (BKLL) Cabang Bandung berperan aktif memfungsikannya sebagai sarana penyuluhan dan pendidikan keamanan lalu lintas.

Konon acara peresmian taman ini begitu gegap gempita, banyak pejabat negara yang hadir. Sayang, mainan berkarat, sepeda mini usang dan beberapa patung patah seolah meredupkan jejaknya. Kami bahkan tak menemukan mobil berbaterai, kerosel dan panggung hiburan seperti yang dijanjikan websitenya. Kakak juga enggan naik kereta api mini dengan tiket seharga lima ribu rupiah, ia lebih memilih bersantai di ayunan yang belum lama dicat ulang. Namun, kami tetap bersyukur masih bisa menikmati sejuknya Bandung disana. Mungkin sedikit inovasi bisa membantunya menjawab tantangan zaman, begitu pikir saya dalam hati. Ada pengalaman serupa, moms?

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani
Jl. Belitung No.1 Bandung
Jam Buka:
Senin – Kamis, Sabtu 08.00 – 15.00 WIB. Harga tiket masuk: Rp 6000
Minggu dan Hari Libur, 08.00 – 16.00 WIB. Harga tiket masuk: Rp 7000
Jum’at tutup kecuali libur nasional

3 thoughts on “[Bandung Trip] Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s