[Bandung Trip] Menjelajah Dusun Bambu di Lembang

61 2 3 4 57 810 9

Destinasi akhir Bandung Trip ala djghina adalah Dusun Bambu Family Leisure Park yang jadi idola baru wisata keluarga. Sebelumnya kami mengunjungi Taman Lalu Lintas Dikagetkan Tyrex di Museum Geologi, sholat di Masjid Raya, walking tour sepanjang Asia Afrika-Braga dan menyempatkan main di Kampung Gajah Wonderland

Apa yang menarik disini? Selain udara Lembang yang sejuk, bisa dibilang wisata alam disini tergolong lengkap. Ada sawah, pegunungan, sungai, kebun teh, kebun bunga sampai danau buatan. Kita tinggal pilih mau menjelajah atau berfoto di area mana.

Kalau Kakak Ayesha sih udah jelas ngincer kids playgorund yang ada di area Tegal Pangulinan. Lokasinya tepat berada di samping Pasar Khatulistiwa yang menjual souvenir juga buah dan sayur organik yang diproduksi penduduk sekitar Gn. Burangrang. Area bermainnya cukup luas dan bersih kok, hanya area terbuka saja jadi bekali si kecil sunblock ya. Sehabis itu, ia kepengen naik balon besar di tengah danau deh (padahal yang kayak gini udah sering banget dicoba di PRJ).

Kakak Ayesha sempet ngilang juga tuh karena keasyikan berkeliling Arimbi Garden yang terletak diatas Pasar Khatulistiwa. Sayang bunganya kurang banyak, kalau ngga udah saya abadikan di instagram deh. Oh ya, saya juga senang melancong kesini karena fasilitas musholanya beradab. Bersih, mukenanya wangi dan tersedia lebih dari satu. Toiletnya juga dekat dengan area bermain anak, jadi aman.

Tempat ini hanya buka 3 hari (Jumat, Sabtu dan Minggu) dalam seminggu ya moms, dari jam sepuluh pagi sampai sepuluh malam. Harga tiketnya Rp 15rb/orang. Ada wara-wiri (shuttle car) yang siap mengantar kita jika tidak ingin menanjak, gratis!.

Sayang, suami membatalkan niat berbuka puasa disini karena kepengen mampir ke distro juga. Jadilah kami menyudahi kunjungan dan menuju pusat kota lagi. Tapi saya sudah punya wishlist, apa saja yang bakal kami coba kalau nanti ada kesempatan berlibur lagi kesini:

Mencoba Sayang Heulang (Eagle Camp)

Pengen banget ajak anak-anak merasakan exclusive camping ground macam ini. Bisa kemping di alam terbuka tapi ngga perlu terlalu repot karena tak perlu mendirikan tenda, fasilitasnya juga lengkap. Ada ranjang yang nyaman, tempat untuk barbeque, bahkan air panas untuk mandi, tenda juga dibatasi pagar dan halaman sendiri jadi tergolong private. Kalau hanya sama suami dan 2 anak sih saya bakal memilih tenda single dengan atau tanpa kasur tambahan, jadi hanya nambah breakfast aja (anak s/d usia 6 tahun digratiskan lho)

Rate Single Bed Rp 1.75mio (kapasitas 2 orang)
Rate Double Bed Rp 2.7mio (kapasitas 4 orang)
BBQ Rp 1mio (porsi 5-8 orang)

Makan di Resto Gantung Lutung Kasarung

Selain ingin menyantap nasi ayam bakar betutu sambil menatap sunset di Resto Burangrang atau mencoba menu di saung mengapung ala Resto Purbasari. Daya tarik Dusun Bambu justru terletak pada sensasi makan di replika sarang burung ala Lutung Kasarung. Fyi, pemilik Dusun Bambu dan Resto Kampung Daun adalah orang yang sama, jadi saya ngga terlalu khawatir udah bayar mahal tapi makanannya kurang sedap.

Rate menu Rp 20-60rb
Sewa tempat Rp 100rb/jam

Menginap di Kampung Layung

Tertarik juga mencoba menginap di Villa Sangkuriang, Kabayan atau Nyi Iteung ala Dusun Bambu. Siapa tahu jodoh bisa sekalian ngajak anak-anak merasakan pengalaman memanen padi, selain main di sungai tentunya.
Fasilitas:
  1. 1 orang butler (pelayan) pribadi dan room service 24jam
  2. Akses internet dengan Wifi
  3. TV satelite dengan sound sistem ala home theatre
  4. Kamar mandi dengan shower air panas
  5. Perlengkapan BBQ dihalaman belakang
  6. Perlengkapan dapur yang lengkap
Room Type & Rate
Weekdays
  • One bedroom villas Rp 2.250mio/night
  • Two bedroom villas Rp 3.250mio/night

Weekend

  • One bedroom villas Rp 2.850mio/night
  • Two bedroom villas Rp 3.850mio/night

Long Weekend

  • One bedroom villas Rp 3.250mio/night
  • Two bedroom villas Rp 4.250mio/night
Aktivitas Outdoor
Mulai dari bersepeda melewati kebun teh (hanya tersedia Jumat, Sabtu & Minggu), hiking, sampai naik balon udara (Rp 300rb/15menit/orang) bisa dicoba *berdoa semoga ada rate promo*

Tips Menjelajah Dusun Bambu

  • Kalau ngga nginep dan membawa anak-anak sebaiknya datang pagi hari untuk merasakan sejuknya lembang. Tapi kalau mengincar sunset sih, tiba jam 3 sore bisa jadi alternatif. Siapkan saja jaket/sweater untuk menahan dingin atau payung jika datang hujan rintik-rintik. Sunblock, topi dan kacamata juga jadi barang wajib ketika berkunjung ke outdoor area macam ini
  • Melihat track-nya yang menanjak, sebaiknya stroller disimpan saja. Kenakan anak-anak pakaian yang nyaman dan gunakan flat shoes. Karena saya membawa Baby Aleandra dan sebelumnya cukup lelah berkeliling Bandung, jalan terbaik adalah naik wara-wiri ketimbang jalan kaki :D.
  • Pengen berhemat? Ngga ada salahnya membawa bekal, camilan dan air mineral/susu untuk si kecil. Meski harga makanan tradisional di foodcourtnya cukup mahal, untuk alasan kepraktisan boleh dicoba juga kok. Kalau dibandingkan sebenarnya sama saja dengan rate resto di mall-mall Jakarta

Rute menuju Dusun Bambu

Lokasi tepatnya di Jl. Kertawangi (Komplek Komando), Cisarua Bandung Barat, dapat ditempuh melalui Jl.  Kolonel Masturi KM 11. Berbagai rute alternatif:
  • Tol Pasteur -> Ledeng -> Jl. Sersan Sodik -> Jl. Kolonel Masturi
  • Tol Padalarang -> Cimahi -> Jl. Kolonel Masturi
  • Tol Pasteur -> Ledeng -> Lembang -> Jl. Kolonel Masturi

Meski terdengar mainstream, selain berbelanja, wisata alam Bandung selalu menarik untuk dicoba. Jadi, tertarik mengajak anak-anak berlibur kesini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s